Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Tema HSP 88, Pemuda Indonesia Menatap Dunia

Pemerintahan | | 28 Okt 2016 13:54 | Dilihat: 329 kali

DEIYAI - Diperlukan tiga kapasitas dan karakter yang harus ditumbuhkan dalam jiwa setiap generasi muda Indonesia untuk memenangkan pertarungan masa depan dan mewujudkan mimpi Indonesia.

  1. Generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi. Indonesia di masa depan sangat membutuhkan anak muda yang berintegritas tinggi, serta memiliki mentalitas antikorupsi. Inilah salah satu upaya untuk memperbaiki wajah Indonesia di masa depan. Karena itu, pemerintah dan institusi pendidikan perlu memfasilitasi terbangunnya mentalitas antikorupsi di kalangan pemuda, pelajar, dan mahasiswa.
  2. Kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni. Pemuda perlu mendalami studinya secara serius agar menjadi spesialis keilmuan tertentu, yaitu memiliki spesialisasi dalam menguasai suatu bidang pengetahuan secara mendalam sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Para pemuda perlu memiliki skill tertentu untuk bersaing di dunia kerja. Indonesia di masa depan jelas memerlukan generasi muda yang profesional dan menguasai ilmu pengetahuan secara mendalam untuk memenangi kompetisi sekaligus mewujudkan mimpi Indonesia.
  3. Kepemimpinan yang peduli dan profesional. Karakter ini tidak bisa didapatkan di dalam ruang belajar saja. Kepemimpinan didapatkan dari pengalaman aktivitas keorganisasian, baik di kampus maupun di lingkungan masyarakat. Di situlah para pemuda ditempa untuk menyelesaikan berbagai konflik dan persoalan, diasah kemampuan manajerialnya, dan dilatih untuk peduli dan memahami lingkungan serta masyarakatnya. Di sini pula, kepekaan sosial dan kekritisan sering kali tumbuh. Justru para pemuda dan mahasiswa yang memiliki karakter kepemimpinan inilah yang di masa depan diperlukan untuk menggerakkan masyarakat dalam meraih kesuksesan kolektif sekaligus menggapai kegemilangan Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh Buku pedoman peringatan Hari Sumpah Pemuda 2016 di bawah ini : Buku pedoman peringatan Hari Sumpah Pemuda 2016

Share post :