Berita Seputar Kabupaten Deiyai

SUNGAI OKOMO AKAN DIGUNAKAN SUMBER AIR BERSIH DI DEIYAI

Berita Deiyai | | 14 Nov 2013 07:12 | Dilihat: 134 kali

DEIYAI - Bupati kabuaten deiyai Dance Takimai A,ks rabu hari ini, (13/11) melakukan pertemuan dengan masyarakat adat pemilik hal ulayat lokasi tempat air bersih di kali okomo, kabupaten deiyai.

Pemerintah deiyai, akan menggunakan sungai okomo sebagai sumber air bersih yang akan dipasang kerumaah rumah dan perkantoran, oleh sebaba itu pemerintah daerah melakukan pendekatan kepada pemilik hak ulayat sungai okomo agar sungao okomo dapat menjadi sumber air bersih di kabupaten deiyai, karena melihat potensi debit air yang bersih dan besar.

Bupati Deiyai Dance Takimai A,ks menuturkan pertimbangan kenappa memilih sungai okomo sebagai sumber air untuk rumah dan perkantoran yang berada di kabupaten deiyai, adalah melihat potensi sungai yang baik dan kadar air yang besar, sehingga cukup untuk mengaliri perumahan dan perkantoran yang berada di kabupaten deiyai. “ air ini kan sangat penting bagi masyarakat, baik mencuci, mandi, terutama untuk diminum. Kami pemda deiyai jeli melihat potensi sungai okomo ini sehingga kami melakukan pendekatan pada masyarakat pemilik hak ulayat untuk dibebaskan sehingga menjadi aset pemda dan dapat dibuat baik merata ke perumahan di deiyai “ . tegasnya.

Untuk diketahui saja, bahwa Pemerintah daerah deiyai  telah memberikan dana pelepasan tahap pertama sebesar 500 juta pada tahun lalu.

Share post :