Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Sertifikasi Para Guru Di Papua Terhambat IT

Pendidikan | | 05 Sep 2014 03:24 | Dilihat: 116 kali

DEIYAI - Program sertifikasi guru di berbagai daerah memerlukan akses internet yang memadai. Akses internet yang sulit di daerah membuat para guru kesulitan pula mengikut program sertifikasi guru. Tak terkecuali di Jayapura, Papua.

Internet sangat sulit diakses para guru di Jayapura. Untuk itu, dibutuhkan sentra IT untuk memudahkan para guru mengakses internet.

Anggota Komisi X DPR RI Ida Riyanti (F-PD) mengapresiasi usulan seorang Kepala SMA di Jayapura, untuk membangun sentra IT. Selama ini, para guru sulit mendapatkan informasi dari Kemendikbud soal program sertifikasi guru.

Selama ini mereka terlalu jauh untuk akses internet. Mudah-mudahan usulan membangun sentra internet bisa segera terealisasi, harap Ida Riyanti saat melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Papua, Rabu (3/9) seperti dirilis DPR.

Dengan kemudahan akses internet, ada kesetaraan antara guru yang bekerja di kawasan timur dan barat Indonesia. Di kawasan barat, askes internet sangat mudah, sehingga sertifikasi guru juga sangat cepat direalisasikan.

Pada bagian lain, Ida juga mengapresiasi langkah sekolah-sekolah di Jayapura yang kreatif mencari solusi di tengah ketiadaan buku paket kurikulum 2013. Hampir di semua sekolah belum menerima buku paket tersebut. Solusinya, sekolah mengopi buku panduan yang ada kemudian dibagikan kepada para siswa. Ini langkah sementara sebelum bukunya tiba di sekolah-sekolah di Jayapura.

Melihat animo guru-guru yang ada, ternyata mereka punya apresiasi yang tinggi untuk betul-betul beritikad baik memajukan pendidikan. Mereka sudah kerja keras mendapatkan apa yang diharapkan pemerintah dengan penerapan kurukulum 2013 ini, ungkap Ida.

 

 

sumber : www.nabire.net

Share post :