Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Sekwan Deiyai Optimis Mempersiapkan Prosesi Pelantikan DPRD Terpilih

Pemerintahan | | 03 Nov 2014 05:19 | Dilihat: 157 kali

DEIYAI - Belum adanya informasi terkait dengan rencana pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang terpilih, namun Sekertaris Dewan Kabupaten Deiyai dengan semangat dan optimis mempersiapkan segala bentuk upaya dalam pelaksanaan persiapan pelantikan.

Dedrik Kbarek, Sekertaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Deiyai mengatakan dirinya tengah mempersiapkan pelantikan DPRD yang telah terpilih dalam pesta demokrasi pada tanggal 9 April 2013 lalu. Kata dia, pada prinsipnya semua persiapan tetap akan dilakukan dengan sepenuh hati tetapi tidak terlepas dari aturan yang berlaku di Republik Indonesia. Sekalipun kata dia, belum ada jadwal resmi yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat maupun KPU Provinsi.

Menyangkut pelantikan DPRD yang terpilih, kami tetap mengacu pada aturan yang sudah tentukan oleh KPU pusat. Jadi, untuk sementara belum ada jadwal resmi yang diumumkan oleh KPU pusat, ungkap Dedrik Kbarek, beberapa waktu lalu di lapangan sepak bola &lsquoThomas Adii&rsquo Wakeitei, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai.

Dedrik mengklaim untuk sementara semua proses permainan politik di Kabupaten Deiyai masih belum final. Tetapi, kata dia, semua permainan pasti ada aturan yang mengikat. Oleh karena itu, aturan akan membuktikan semuanya. Sehingga, dirinya sangat menghargai proses pemilihan legislatif yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Sedikit lagi DPRD yang sudah terpilih akan menduduki jabatan dewan. Jadi, saya sedang mempersiapkan proses pelantikan, ungkapnya.

Sebelumnya, dirinya telah mengikuti orientasi pembekalan anggota DPRD kedepan di Propinsi Papua. Dan itu, kata dia, akan dilakukan dengan membuat memorandum of understanding (MoU) dalam rangka memberikan pemahaman kepada anggota dewan yang terpilih.

Pembekalan ini dalam rangka memberikan pemahaman tentang aturan main menyangkut marketing, anggaran dan perencanaan didalam legislative dalam menjalankan tupoksi sebagai seorang wakil rakyat di Kabupaten Deiyai, tuturnya.

Menduduki suatu jabatan politik seperti DPRD adalah pekerjaan yang tidak mudah dan tidak gampang. Lanjut dia, pemberian pembekalan tersebut pihak Sekwan melakukan supaya lembaga eksekutif maupun legislativ bisa kerja sama dalam membangun Deiyai dan bisa harmonis dalam mendukung visi dan misi bupati dan wakil bupati Kabupaten Deiyai.

Menurut dia, semua kebutuhan dalam persiapan pelantikan anggota dewan, sekertariat dewan sudah menyiapkan. Dirinya hanya menunggu jadwal pelaksanaan pelantikan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat maupun dari KPU Propinsi.

Hal-hal yang menyangkut sarana dan prasarana penunjang anggota dewan yang barupun kami sudah siapkan cukup lama. Dan sekarang tinggal koordinasi dengan pihak pemerintah daerah Kabupaten Deiyai, katanya.

Pilemon Mote, salah satu anggota Dewan yang terpilih dalam pemilihan legislative (Pileg) 2014, mengatakan dirinya sangat memberikan apresiasi atas persiapan yang dilakukan oleh Sekertariat Dewan.

Kami salut dengan persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Sekertariat Dewan. Karena, proses pelantikan ini sangat tidak mudah dan tidak gampang. Semoga semua komponen bisa mendukung dalam mensukseskan proses pelantikan ini. Agar berjalan dengan aman, damai dan terkendali sesuai dengan harapan masyarakat Kabupaten Deiyai, tutur Mote, ketika dihubungi melalui telepon genggam, Kamis (30/10).

 

 

sumber : papuaposnabire.com

Share post :