Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Sekda Intsruksikan Administrasi Keuangan Harus Tertib

Pemerintahan | | 13 Mar 2014 02:42 | Dilihat: 104 kali

PAPUA - Pasca pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua pekan kemarin, Sekertaris Daerah Provinsi Papua Hery Dosinaen langsung mengumpulkan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna memberikan arahan-arahan. Kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (11/3), Sekda mengatakan dalam arahannya ia mengingatkan agar para Kepala SKPD dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya administrasi keuangan, harus benar-benar tertib serta sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan kata lain, semua SPJ (Surat Pertanggungjawaban) harus dilaksanakan setiap bulan yang kemudian dilaporkan serta dievaluasi atau dilihat oleh tim TPGL yang besok akan dilantik dengan ketuanya dalah Sekda.

Harapannya agar kepada semua SKPD adalah bagaimana laksanakan tugas dengan baik serta bisa mengintervensi baik pejabat eselon III dan IV maupun staf yang ada di SKPD masing-masing, kata Hery.

Dalam keterangannya, Hery mengaku dirinya juga menekankan kepada semua Kepala SKPD agar bisa mengikuti irama dengan Sekda, Wakil Gubernur serta Gubernur Papua khusus dalam pelaksanaan tugas di masing-masing
instansi.

Dengan begitu, semua kegiatan bisa sejalan tentunya dan sesuai dengan visi maupun misi Gubernur dan Wakil Gubernur," tutur Sekda. Disinggung soal kesiapan SKPD baru, Sekda mengatakan telah menyiapkan sejumlah kantor maupun ruangan bagi dinas maupun biro yang baru dibentuk.

Untuk kantor baru kita ada siapkan di Dinas Otonom lalu ada di biro-biro sini (kantor Gubernur) dan saya pikir tidak ada masalah karena ada juga penghapusan biro dan penambahan biro sehingga ada keseimbangan, dan kantor-kantor pun saya sudah mengevaluasi dan saya sudah minta laporan dari Karo Umum untuk lokasi atau kantor baru yang nanti akan ditempati oleh instansi baru baik badan maupun dinas yang baru, tutupnya.

Pimpinan SKPD Diminta Pahami Visi & Misi Gubernur

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe,SIP,MH meminta para Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi yang baru saja dilantik, agar dapat memahami isi dari visi dan misi Kepala Daerah guna diterjemahkan kedalam program kerjanya masing-masing.Dengan kata lain, para Kepala SKPD dalam menyusun program kerjanya harus berpatokan pada visi dan misi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Sehingga arah pembangunan sebagaimana yang dijanjikan pada saat kampanye oleh Kepala Daerah, dapat diwujudkan.

Jadi kabinet/pimpinan SKPD yang baru saja dilantik harus paham dengan visi dan misi Gubernur Papua yaitu bangkit, mandiri dan sejahtera. Oleh sebab itu, seluruh program pembangunan yang ada di SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi harus mengacu pada tiga kata tersebut, Yakni Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Tiga kata tersebut harus di hafal, dipahami dan hayati, agar program yang dibuat tidak keluar dari visi dan misi Gubernur.

Dan jangan lupa pejabat yang telah dilantik sudah harus melaksanakan program pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat Papua sebagaimana yang dicita-citakan oleh saya dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, tutur Gubernur saat  melantik sejumlah Kepala SKPD, pekan kemarin.

Lebih lanjut kata Gubernur, alasan kita harus mengarahkan semua program sesuai dengan visi dan misi Gubernur. Sebab visi itu merupakan sebuah harapan yang ingin dicapai dalam jangka waktu lima tahun kepemimpinannya kedepan. Sehingga perlu disiapkan fondasi yang kokoh dalam proses pembangunan saat ini untuk dilanjutkan oleh generasi Papua kedepan yang lain dimasa depan.

Karena itu sekali lagi saya katakan bahwa visi dan misi Gubernur telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Papua. Oleh karenanya, hendaknya SKPD dalam membuat program juga mengacu pada RPJMD tersebut. Tidak hanya itu, karena kemarin juga sudah diluncurkan program Gerbangmas Papua, maka saya minta kepada pimpinan SKPD untuk  membantu mensukseskan program tersebut. Sehingga tujuan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat di kampung-kampung akan dapat terwujud, tutupnya.




sumber : papua.go.id/1  dan papua.go.id/2

Share post :