Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Presiden Adakan Pertemuan Dengan Bupati Papua dan Sulawesi

Pemerintahan | | 02 Feb 2015 03:29 | Dilihat: 96 kali

DEIYAI - Pada hari Kamis (29/1) Presiden Joko Widodo kembali mengadakan pertemuan dengan pemimpin-pemimpin daerah untuk memberikan pengarahan mengenai sejumlah program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah. Presiden juga menegaskan jika konsolidasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah merupakan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan program pembangunan.

Pertemuan ini merupakan yang ketiga dengan para pemimpin daerah dan dilaksanakan di Istana Bogor ruang Garuda. Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo bertemu dengan Bupati dari Papua, Papua Barat dan Sulawesi. Pertemuan ini diikuti oleh 110 orang Bupati dari Papua, Papua Barat dan Sulawesi termasuk dua walikota di Papua yaitu Sorong dan Jayapura.

Presiden mengungkapkan pertemuan dengan kepala daerah dapat diagendakan per tiga bulan atau enam bulan sekali agar ada pendangan yang sama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengenai program pembangunan.

Presiden joko Widodo mengatakan jika dibutuhkan konsolidasi dari atas ke bawah sebagai bagian dari manajemen negara dan tata negara. Hal ini harus dilakukan untuk bisa mencapai visi besar yang sama dan gagasan besar bersama sebagai sebuah bangsa yang besar.

Kesamaan pandangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk bisa mensukseskan program dan pembangunan yang dicanangkan pemerintah pusat seperti diantaranya peningkatan produktifitas sektor pertanian, penguatan infrastruktur perhubungan dan maritim, pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

Selain itu juga untuk bisa menciptakan iklim investasi yang kondusif di dalam negeri, penguatan infrastruktur pada sektor energi, membereskan kendala terkait degnan aplikasi perizinan investasi maupun pembangunan dan juga membenahi peraturan perundang-udangan yang dinilai masih banyak yang tumpang tindih.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimujono, Seskab Andi Widjojanto dan Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Isran Noor.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menambahkan jika pertemuan yang berlangsung ini merupakan yang ketiga setelah sepekan sebelumnya diadakan pertemuan dengan para Bupati dari Sumatera dan Kalimantan. Melalui pertemuan ini, para pemimpin daerah bisa menyampaikan keluh kesah kepada presiden mengenai permasalahan yang terjadi di masing-masing daerah baik untuk program jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan begitu nantinya pemerintah daerah bisa mendapatkan masukan dan bantuan dari pemerintah pusat untuk menyelesaikan persoalan tersebut agar bisa sejalan dengan sasaran kerja yang ingin dicapai oleh pemerintah.

 

 

sumber : beritadaerah.co.id

Share post :