Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Pemkab Deiyai Serahkan Bantuan Bagi Musyawarah Mee

Berita Deiyai | | 10 Feb 2014 02:52 | Dilihat: 156 kali

DEIYAI - Kamis (6/2) lalu, guna menyukseskan Kegiatan Musyawarah Mee (MUSMEE) Se-Dekenat Paniai, atas nama Pemerintah Kabupaten Deiyai, Wakil Bupati  Deiyai, Agustinus Pigome, S.Ag, menyerahkan sumbangan dana sebesar Rp. 500.000.000 kepada panitia penyelenggara dan disaksikan oleh Umat Di Aulah Paroki Diyai, Distrik Tigi Barat, Kabupaten Deiyai.

Demi menyukseskan kegiatan Musyawarah Mee (Musmee) yang biasa digelar dalam tiga tahun sekali di lingkungan Umat Katholik se-DEKENAT Paniai(pesertanya tidak di batasi dari denominasi gereja lain), Pemerintah Daerah Kabupaten Deiyai menyerahkan sumbangan dana kepada Panitia pelaksana. Wakil Bupati Deiyai, Agustinus Pigome S.Ag dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pemerintah dalam menyerahkan sumbangan dana kepada panitia pelaksana.

Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Deiyai memintah maaf kepada panitia serta seluruh umat atas keterlambatan kami untuk menyerahkan sumbangan dana,  semuanya ini terjadi karena banyak kegiatan yang selama ini kami jalankan namun kami tidak pernah lupa akan kegiatan ini dan  kami telah anggarkan dana untuk kegiatan MUSMEE dalam sidang APBD sebesar Rp. 500.000.000, tuturnya.

Ungkapnya, pemerintah berharap kepada Panitia agar dana ini dapat dipergunakan secara baik serta transparansi terhadap seluruh panitia dan umat agar tidak menimbulkan saaling curigai dalam penggunaan Dana dan yang paling penting adalah Kegiatn yang Luar Biasa ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, Pemerintah juga berharap kepada Panitia penyelenggara agar dapat perhatikan soal makan, minum untuk para peserta dan juga untuk materi yang akan dibawahkan betul-betul mengenah agar peserta juga dapat memahami dan kembali mengimplementasikan kepada keluarga dan masyarakat disekitar mereka. Kami juga menghimbau kepada Panitia serta seluruh peserta/umat agar dapat bekerja sama demi menciptakan suasana aman dalam kegiatan ini juga untuk mengantisipasi segalah kemungkinan yang terjadi dalam acara berjalan.

Segala kegiatan yang akan dilaksanakan baik itu dari Gereja maupun dari masyarakat kami Pemerintah Daerah Kabupaten Deiyai selaku pimpinan Daerah akan selalu siap memfasilitasi apabilah kegiatannya mengarah kepada Peningkatan Keimanan serta taraf hidup masyarakat, selain kegiatan MUSME ini, kami juga perna membantu berupa Dana sebesar Rp. 30.000.000,-  kepada Panitia Penyelenggara Lintas Budaya yang diselenggarakan oleh Persekutuan Tubuh Kristus di Onago,” katanya.
 
Disamping itu juga, Wakil Bupati  secara pribadi dan atas nama keluarganya menyerahkan sumbangan dana kepada Panitia penyelenggara sebesar Rp. 50.000.000. Dalam penyerahan sumbangan dana MUSMEE oleh Pemerintah ini disaksikan oleh Panitia serta perwakilan dari setiap Stasi yang berada dalam Paroki Diyai. Ketua Paniti Esau Tekeg, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada pemerintah Daerah atas Sumbangan dana dalam rangka menyukseskan Kegiatan MUSMEE.

Saya atas nama panitia Penyelenggarah serta seluruh Umat Paroki Diyai, mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Deiyai atas sumbangan dana yang diberikan guna menyukseskan acara MUSMEE ini, karena sejauh ini persiapan kami sangat terbatas namun dengan adanya sumbangan dari Pemerintah Daerah yang cukup nilainya ini, serta  ada beberapa sumbangan perseorangan termasuk Bapak Wakil Bupati, kami panitia akan bekerja keras agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, kami dari Panitia serta umat tak dapat membalas berupa apapun namun hanyalah doa semoga Tuhan memberkati beliau berdua dalam menjalankan roda Pembangunan di Kabupaten yang kita cintai ini, kata Ketua Paniti Esau Tekege.

Disela-sela itu juga Ketua Panitia mengajak kerja sama dari umat se-Paroki Diyai dari awal, pertengahan hingga pada akhir dari kegiatan tersebut.

Saya juga mengajak kepada seluruh umat Paroki Diyai supaya dapat mengambil bagian dalam kerja-kerja Panaitia agar Kegiatan yang akan kita laksanakan dalam waktu yang kurang dari satu minggu ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, ujarnya.

Acara penyerahan dana ini disambut meriah oleh Paniti serta beberapa perwakilan dari stase-stase yang tergabung dalam paroki Diyai. Sementara itu, sumber media ini Marten Badii, melalui sambungan telepon selulernya mengatakan dalam rangka menghadapi Pesrohmus Pastoral Mee tahun 2014, Bupati dan Wakil Bupati memberikan perhatian dengan memberikan dana kegiatan sebesar 500 juta rupiah.

Terkait kegiatan sendiri, jelas Badii, direncanakan kegiatan akan dilaksanakan tepat 14 Februari 2014 mendatang. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Umat Katolik dan merupakan program tahunan yang ditetapkan oleh Keuskupan Paniai, untuk waktunya 14 Februari besok dan akan dilaksanakan dalam beberapa hari, terang Marten.

Sementara itu, untuk kesiapan dari kegiatannya sendiri, lanjut Badii, kemarin keluarga besar umat Katolik bersama umat atau Denominasi lain seperti GKIP, Persekutuan Tubuh Kristus Onago, GKII melakukan pekerjaan gotong royong kerja bhakti guna menyiapkan Pesrohmus Pastoral Mee tersebut.

Wakil Bupati Agustinus Pigome dihadapan umat Katolik, disela-sela kegiatan kerja bhakti tersebut dalam arahannya mengatakan bupati bersama saya selaku Wabup Deiyai adalah bagian umat. Baik Katolik maupun umat Protestan, sehingga mengambil bagian dalam pesta rohani ini.
Untuk itu, perlu pemerintah dari atas sampai yang paling bawah terpenting adalah lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Selagi ada kesempatan layanilah umat atau bagi mereka yang membutuhkannya, ungkap Wabup Agustinus.




sumber : www.papuaposnabire.com/

Share post :