Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Pemkab Deiyai dan BPKP Papua Sepakat Tingkatkan Kualitas Manajemen Daerah

Berita Deiyai | | 10 Jun 2013 08:29 | Dilihat: 108 kali

DEIYAI - Bupati Deiyai Basilius Badii dan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua Ketut Suadnyana Merada, Selasa (7/5), menandatangani naskah kerjasama tentang Peningkatan Kualitas Manajemen dan Kinerja Perangkat Daerah termasuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deiyai. Penandatanganan naskah kerjasama (MoU) dilakukan di Aula kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua disaksikan sejumlah pejabat Pemkab Deiyai, pejabat struktural Perwakilan BPKP Provinsi Papua serta sejumlah pegawai.

Dalam sambutannya Bupati Deiyai Basilius Badii mengatakan, pemerintahan Kabupaten Deiyai sudah lama berkeinginan kuat menjalin kerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua. Penandatanganan kerjasama yang dituangkan dalam nota kesepahaman sedianya dapat dilakukan tahun lalu, namun mengalami beberapa kali penundaan. “Seharusnya penandatanganan MoU dapat dilakukan tahun lalu. Karena ada pergantian pimpinan sehingga baru terlaksana pada hari ini,” kata  Basilius

Diakui Basilius, pemerintahan Kabupaten Deiyai sebagai kabupaten pemekaran masih terkendala dengan minimnya kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia aparaturnya dalam pengelolaan keuangan negara. Karena itu pihaknya sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari BPKP Papua untuk meningkatkan kompetensi aparatur Pemkab Deiyai.

Kami memerlukan dukungan dan bantuan dari Perwakilan BPKP Provinsi Papua untuk membekali aparatur jajaran Pemkab Deiyai dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan pengelolaan keuangan, ujar Bupati kelahiran Deiyai itu.

Basilius berharap, melalui MoU akan terjalin hubungan kerja sama yang baik, harmonis dan serasi sehingga seluruh proses berjalannya pemerintahan di Kabupaten Deiyai dapat berjalan dengan baik dan menjadikan aparatur Pemkab Deiyai memiliki kompetensi yang cukup untuk mengelola keuangan sesuai aturan yang berlaku.  

Komitmen orang nomor satu di Kabupaten Deiyai melakukan perubahan maindset dengan cara meningkatkan kompetensi dan kapabiltas SDM-nya disambut hangat Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Ketut Suadnyana Merada.

Ketut menyatakan kesiapannya membantu mewujudkan keinginan Pemkab Deiyai. Karena, menurut Ketut, pihaknya memang memiliki kemampuan teknis dalam pengelolaan keuangan dan kinerja daerah, penyelenggaraan pengawasan, dan memiliki kewenangan dalam pembinaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

“Kami siap kalau itu memang dibutuhkan. Karena memang sudah tugas kami membantu agar kualitas laporan keuangan menjadi baik sesuai standar dan aturan yang berlaku,” ucap Ketut.

Lebih lanjut Ketut menjelaskan, nota kesepahaman merupakan payung hukum untuk melakukan kerjasama agar pertanggungjawabannya kelak tidak bermasalah. Nota kesepahaman dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan dan kinerja perangkat daerah termasuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deiyai.

Ketut berharap, kerjasama ini dapat mendorong peningkatan kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Deiyai menuju opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).  Walau itu tidak mudah, tetapi itu bukan berarti tidak bisa jika kita mau melakukan. Selama kita memiliki komitmen untuk menyelenggarakan tata kelola keuangan yang baik sesuai aturan, hal itu pasti dapat terwujud, harap Ketut.

Lebih lanjut Ketut menegaskan, pencapaian opini WTP terhadap laporan keuangan pemerintah daerah bukanlah tujuan akhir dari kerjasama yang dilakukan pihaknya, tetapi bagaimana pengelolaan keuangan bisa menjadi lebih baik yang pada akhirnya dapat dicapai tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih(good governance and clean government, red).

Usai penandatanganan MoU, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Ketut Suadnaya Merada diwawancarai TVRI terkait komitmen BPKP membantu meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan Pemkab Deiyai.

sumber : http://www.bpkp.go.id/berita/read/10300/10/Pemkab-Deiyai-dan-BPKP-Papua-Sepakat-Tingkatkan-Kualitas-Manajemen-Daerah.bpkp

Share post :