Berita Seputar Kabupaten Deiyai

PEMDA DEIYAI MELAKUKAN PEMBAYARAN TAHAP 2 LOKASI SUMBER AIR BERSIH KALI OKOMO SEBESAR 500JUTA

Berita Deiyai | | 06 Des 2013 03:54 | Dilihat: 104 kali

DEIYAI – Pemerintah daerah kabupaten Deiyai, Jumat (6/12) melakukan pembayaran tahap ke-2 tanah adat lokasi sumber air bersih kali okomo sebesar 500 juta kepada pemilik hak ulayat kali okomo.

Pembayaran ini diserahkan langsung oleh Bupati kabupaten deiyai Dance Takimai A,ks dilanjutkan dengan pertemuan dengan masyarakat adat pemilik hal ulayat lokasi tempat air bersih di kali okomo, kabupaten deiyai.

Dengan dilakukan pembayaran tahap kedua, berarti tinggal satu kali lagi pembayaran dari total dana sebesar 1,5 milyard, dan lokasi air bersih ini akan menjadi milik pemerintah daerah Pemerintah deiyai.

Bupati Deiyai Dance Takimai A,ks menuturkan pertimbangan kenapa memilih sungai okomo sebagai sumber air untuk rumah dan perkantoran yang berada di kabupaten deiyai, adalah melihat potensi sungai yang baik dan kadar air yang besar, sehingga cukup untuk mengaliri perumahan dan perkantoran yang berada di kabupaten deiyai. “ air ini kan sangat penting bagi masyarakat, baik mencuci, mandi, terutama untuk diminum. Kami pemda deiyai jeli melihat potensi sungai okomo ini sehingga kami melakukan pendekatan pada masyarakat pemilik hak ulayat untuk dibebaskan sehingga menjadi aset pemda dan dapat dibuat baik merata ke perumahan di deiyai “    tegasnya.

Share post :