Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Pemda Deiyai Diminta Patok Jelas Batas Wilayah

Pemerintahan | | 08 Jul 2014 03:18 | Dilihat: 98 kali

DEIYAI - Pemerintah Kapupaten Deiyai, Papua, diminta segera menjelaskan dan mematok jelas batas wilayah kekuasaannya. Hal ini dipandang perlu untuk menghindari konflik warga antar kabupaten seperti dalam pembangunan PLTA di sungai Yawei, beberapa waktu lalu.

Desakan itu datang dari Melkias Pekey. Ia meminta pemerintah kabupaten Deiyai segera patok jelas wilayah perbatasan.

Sementara Asisten II Sekda Kabupaten Deiyai, Domin Giyai mengatakan, batas wilayah Kabupaten Deiyai dan kabupaten lain secara budaya dan geografis sangat jelas.

Misalnya wilayah barat berbatasan dengan kabupaten Dogiyai ada Gunug Iyadimi dan Gunung Ataidimi, sementara wilayah timur berbatasan dengan kabupaten Paniai ada kampung Yatamo, ungkap Giyai kepada majalahselangkah.com belum lama ini.

Lanjut Giyai, perbatasan wilayah bagian selatan antara kabupaten Deiyai dan kabupaten Mimika memang dipersoalkan karena belum jelas batas wilayah.

Pihak Mendagri sudah pahami persoalan batas wilayah dan mereka akan bantu fasilitas kartometrik, Mendagri bersama pemerintah provinsi Papua akan tuntaskan semua persoalan watas wilayah di Papua termasuk batas wilayah Deiyai dan Mimika, jelas Domin Giyai.

Batas Wilayah Kabupaten Deiyai, sumber : www.deiyaikab.go.id

 

 

sumber : majalahselangkah.com

Share post :