Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Kamus Lima Bahasa Daerah di Papua Telah Terbit

Pendidikan | | 30 Sep 2014 02:48 | Dilihat: 146 kali

DEIYAI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua dikabarkan  telah menerbitkan lima kamus berbahasa daerah Papua, yakni Kamus Bahasa Dani (Hubula)-Indonesia, Marid-Indonesia, Biak-Indonesia, Waropen-Indonesia dan Sentani-Indonesia.

Saat ini kami telah menyelesaikan lima kamus bahasa daerah, kata Kepala Seksi Pembinaan Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jeremias Koridama, di Jakarta, Rabu (24/09/14) lalu seperti dikutip kantor berita Antaranews.com.

Jeremias Koridama mengatakan hal itu saat seminar internasional dengan topik penggunaan bahasa daerah/ibu untuk meningkatkan kompetensi siswa SD di Indonesia di Jakarta. 

Penerbitan beberapa kamus itu, menurut dia, untuk menyelamatkan bahasa daerah alias bahasa ibu di Papua yang hampir punah.

Masyarakat Papua sudah tidak lagi menggunakan bahasa ibu di kota-kota di sini bahkan sampai ke daerah pedalaman, ungkapnya kepada media itu.

Ia menjelaskan, dalam proses mengerjaan beberapa kamus tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dari enam bulan sampai bahkan satu tahun pengerjaannya.

Dalam proses pengerjaan kami menemukan beberapa kendala, diantaranya sulit menemukan orang Papua yang benar-benar mengerti bahasa daerah, katanya.

Ia menjelaskan, orang Papua yang mengerti bahasa daerah hanya dapat ditemui di daerah pedalaman. Bahkan yang mahir menggunakan bahasa daerah yaitu mereka yang telah berusia 40 tahun ke atas.

Ia menambahkan, kesulitan pembuatan kamus tersebut karena di wilayah kota anak-anak yang berusia muda seperti 30 tahun sudah tidak lagi menggunakan bahasa ibu dan tidak dapat berbicara bahasa daerah mereka.

 

 

sumber : majalahselangkah.com

Share post :