Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Kali Diyai Sasaran Pembangunan Aliran Air Bersih

Pembangunan dan Pertambangan | | 19 Jun 2013 03:04 | Dilihat: 119 kali

AYATEI -- Kali Diyai yang bersumber di gunung Boumogo menjadi sasaran pembangunan aliran air bersih untuk 2 (dua) Kampung di Distrik Tigi Barat Kabupaten Deiyai Papua.  Pembangunan aliran air bersih diperuntukkan bagi masyarakat kampung Diyai dan kampung Ayatei. Saat penyerahan uang doa, di kali Diyai di hadiri oleh ratusan marga Ukago sebagai pemilik hak ulayat mata air kali Diyai.  Penyerahan uang doa yang bernilai Rp.35 juta  diserahkan kepada marga Ukago  di terima oleh Zakarias Ukago  mewakili 7 keturunan marga Ukago di  wilayah itu.

Sebelum di serahkan dana, Pimpinan PT. Tigi Peku, yang diwakili oleh Jhones PRG, ST menyerahkan dana tersebut kepada pemerintah Distrik yang di wakili oleh Kaur Umum Anthon Badii, dan didamping seorang staf Fransiskus Douw, S.Sos  Kamis  Pekan lalu.  Menurut Anthon Badii, sebenarnya pembangunan aliran air bersih sejak beberapa tahun lalu, semasa kabupaten Paniai. Namun disaat itu terjai kles sosial  antar  mereka sendiri.

namun syukur bahwa atas pengertian dan kesadaran dari masyarakat pentingnya aliran air bersih maka tahun ini masyarakat khususnya marga ukago telah melepaskan lahan untuk pembangunan air bersih, ujarnya.
Kata Badii, untuk pembangunan aliran air bersih ini sangat menguntungkan bagi masyarakat wilayah 2 kampung. Bahkan jika pihak pemerintah dalam hal ini DPU harus dikembangkan aliran air bersih  ke kampung lain.

Sementara itu Kepala Kampung Ayatei  Selpius Badii menyampaikan ungkapan kegembiraan yang sangat mendalam kepada pemerintah dan pihak kontraktor. Dimana sebelumnya warganya mengandalkan air hujan dan kali kini  mereka bisa menikmati air bersih yang sangat baik. dulu  susah dapat air, apalagi karena kotoran hewan  piaran orang bisa dapat penyakit tapi sekarang bisa menikmati air bersih, ungkapnya.

Sekedar diketahui, dana yang diberikan oleh kontrak melalui pemerintah Distrik itu digunakan untuk melakukan doa adat di mata Air. Sementara hingga saat ini seluruh sarana pembangunan aliran air bersih sedang di mobilisasi  ke tempat kerja.

sumber : http://www.tigibarat.com/2013/05/kali-diyai-sasaran-pembangunan-aliran.html

Share post :