Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Jokowi Pastikan Bangun Pasar Mama Papua

Pembangunan dan Pertambangan | | 29 Okt 2014 02:21 | Dilihat: 107 kali

DEIYAI - Pasca dilantik sebagai presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar Syukuran Rakyat di Lapangan Monumen Nasional Jakarta, (20/10/2014). Syukuran Rakyat yang bertajuk Salam Dua Jari itu diwarnai dengan pemberian tumpeng dari Presiden Jokowi kepada tujuh orang warga. Dari tujuh warga yang beruntung mendapatkan tumpeng itu, tiga diantaranya adalah pedagang tradisional di Pasar Mama-Mama Papua masing-masing Yuliana Pigay, Miriam Awarawi dan Dolfince Sraun.

Selain mendapatkan tumpeng, dan memberikan selamat kepada Presiden Jokowi ketiganya juga berkesempatan menyampaikan aspirasi secara langsung kepada orang nomor satu di Indonesia ini. Aspirasi yang utama yang disampaikan ketiganya adalah pembangunan Pasar Mama Papua secara representatif seperti yang dijanjikan saat kampenye Pilpres medio Juli lalu.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memastikan akan membangun Pasar bagi Mama Papua seperti yang sudah dijanjikannya, ucap Yuliana Pigay yang didampingi Miriam Awarawi, Dolfince Sraun dan Ferderika Korain kepada wartawan di Sektretariat Solpap, Selasa (28/10/2014).

Yuliana, yakin apa yang sudah dijanjikan Presiden Jokowi bakal diwujudkannya. Kami yakin dengan komitmen Presiden Jokowi untuk membangun Pasar representatif bagi Mama-Mama Papua, ucapnya. Yuliana mengaku, tak menyangka ia bersama dua rekannya diundang untuk menerima tumpeng dari Presiden Jokowi dan Wapres Yusuf Kalla dalam Syukuran Rakyat Lapangan Monumen Nasional Jakarta.

Ini seperti mimpi, kami tidak pernah membayangkan sebelumnya, ujar wanita asal Paniai ini. Miriam Awarawi yang sama juga disampaikan Miriam Awarawi. Ia mengaku sangat bersukacita bisa bertemu secara langsung dengan Presiden Jokowi untuk menyampaikan aspirasi pedagang asli Papua.

Kami minta Presiden Jokowi untuk memperhatikan orang Papua dan Mama-Mama Papua yang mendambakan memiliki pasar untuk bisa berjualan dengan baik. Kami yakin Presiden Jokowi merealisasikan pembangunan pasar Mama Papua yang sudah diperjuangkan sejak lama, ujarnya.

Setali tiga uang, pedagang Papua lainnya,  Dolfince Sraun Sraun mengaku bangga dan bersyukur diundang Presiden untuk menerima tumpeng secara langsung. Ini berbeda dari kebiasaan sebelumnya. Ini menujukan kedekatan presiden dengan rakyatnya, ujarnya.

Namun yang terpenting kata Dolfince Sraun adalah, bagaimana bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Presiden tentang perjuangan Mama-Mama Papua untuk bisa mendapatkan pasar sehingga bisa berjualan dengan layak.

Dolfince Sraun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan secara moril dan materil sehingga mama-mama Papua bisa memenuhi undangan syukuran rakyat di Jakarta.

Dolfince Sraun mengaku kepergian mereka ke Jakarta untuk menghadiri syukuran Presiden Jokowi merupakan swadaya sendiri yang berasal dari para pedagang sendiri maupun mereka yang peduli kepada perjuangan Mama-Mama Papua.

Sementara tim lobi Solpap, Frederika Korain tim pembangunan Pasar Mama-Mama Papua sudah dibentuk. Tentunya mereka akan berkoordinasi dengan Pemprov Papua dalam pembangunan pasar bagi mama-mama Papua, ujarnya.

Frederika mengatakan mama-mama Papua sangat berharap dalam kunjungan Presiden Jokowi pada Desember mendatang bisa menancapkan tiang penanda dimulainya pembangunan pasa Mama-Mama Papua di lokasi Perum Damri di jalan Percetakan Jayapura.

Kami juga berharap Presiden Jokowi meresmikan strategi pengembangan ekonomi Mama-Mama Pasar Papua dengan badan pelaksana resmi yang berkantor di Jayapura, katanya.

 

 

sumber : papuapos.com

Share post :