Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Gubernur Pangkas Dana Otsus Bagi Kabupaten Tak Kreatif

Pemerintahan | | 21 Okt 2014 04:20 | Dilihat: 112 kali

DEIYAI - Gubernur Papua Lukas Enembe mewarning bakal melakukan pemangkasan  anggaran bagi para bupati/Walikota yang tak kreatif dalam mengelola 80 persen dana Otonomi Khusus (Otsus). Apalagi bila anggaran tersebut tidak dipergunakan dengan baik, lanjutnya, maka akan dialihkan kepada kabupaten yang dinilai berhasil dalam membangun daerahnya.

Bupati dan Walikota harus kreatif dalam bekerja dan membangun daerahnya, kalau ada kepala daerah bekerja loyo-loya, saya pangkas anggaran (dana Otsusnya), kata Gubernur dalam Pidato Pengantar Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Papua Tahun Anggaran 2015, di Ruang Rapat DPR Papua, Rabu (15/10) kemarin.

Menurut Gubernur, dana Otsus 80 persen yang diserahkan kepada Kabupaten/Kota, musti dikelola dengan baik sehingga dapat mensejahterakan masyarakat yang ada di daerah.

Ini penting sebab dengan begitu, dana ini dipergunakan tepat sasaran dan bukan untuk peruntukan yang tidak tepat, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Yunus Wonda, kepada wartawan disela-sela sidang RAPBD Papua 2015, mendukung kebijakan Gubernur Papua soal pemotongan anggaran Kabupaten/Kota. Sebab dana Otsus 80 persen tersebut harus dikelola dengan baik dan benar-benar bermanfaat bagi rakyat.

Kami dari dewan sangat mendukung, jika ada kebijakan seperti itu. Oleh karena itu, kita berharap Bupati dan Walikota nantinya akan lebih bersungguh-sungguh dalam membangun daerahnya, harap dia.

 

 

 

sumber : papua.go.id

Share post :