Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Bupati Deiyai Meresmikan Lapangan Terbang Zakeus Pakage

Berita Deiyai | | 07 Mar 2014 08:39 | Dilihat: 115 kali

Deiyai  -  Hari ini merupakan sejarah bagi kabupaten deiyai, karena kabupaten yang baru satu tahun dipimpin oleh bupati dan wakil bupati definitif ini terus melakukan gebrakan baru, salah satunya dengan melakukan penerbangan perdana di landasan lapangan terbang kabupaten deiyai.

Bupati kabupaten deiyai  Dance Takimai A,ks pada jumat hari ini (07/02) secara resmi meresmikan lapangan terbang baru, yang berada  di kabupaten Deiyai , Papua.

 Lapangan terbang yang panjangnya sekitar 1800 meter ini, sudah dibangun sejak 10 tahun lalu dengan panjang mencapai 3 kilometer.

Untuk pelepasan tanah lokasi lapangan terbang tersebut pemerintah daerah telah membayar dana sebesar 35 milyard secara bertahap sejak 10 tahun lalu. Tahun 2014 ini pembayaran tahap akhir akan diberikan kepada para pemilik hak ulayat selanjutnya tanah ini akan resmi milik aset pemda.

Lapangan terbang pertama di deiyai ini diberi nama zakeus pakage , yang seorang tokoh suku mee yang memperjuangkan keadilan dengan semangat teelogi lokal berbasis budaya mee.

Dalam peresmian yang dihadiri ribuan masyarakat deiyai , Bupati Deiyai Dance Takimai A,ks langung mengalungkan bunga kepada pilot pesawat susi air (cristian) yang melakukan pendaratan pertama  secara aman dilapangan terbang ini. Setelah proses penyambutan pesawat oleh muspida selanjutnya acara adat seperti bakar batu (bakar babi) khas warga wilayah pegunungan disepanjang area bandara sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat telah dibangun bandara.

Share post :