Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Pemerintah Pusat Alokasi Rp. 40 M untuk Lapangan Terbang Deiyai

Pembangunan dan Pertambangan | | 17 Jun 2013 05:05 | Dilihat: 115 kali

DEIYAI -- Pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2013 akan mengalokasikan Dana senilai Rp. 40 M bagi pembangunan lapangan terbang di Deiyai yang diharapkan rampung pada tahun 2014 mendatang. Demikian disampaikan Kepala Bappeda kabupaten Deiyai Decky Kayame,SE kepada Wartawan Bintang, beberapa waktu lalu di Deiyai.

Dikatakan Decky, pembangunan lapangan terbang pada tahun 2013 akan difokuskan kepada pembangunan runway dan penataan serta pembangunan fasilitas infrastruktur.
untuk tahun 2013 ini, rencana akan menghubungi pesawat twin oter merpati dan cesna sejenisnya untuk melayani di Deiyai, sambil menata untuk mempersiapkan fasilitas mejemput pesawat berbadan besar, jelasnya.

Dijelaskan pembangunan lapangan terbang di Deiyai diharapkan menjadi lapangan transit bagi kabupaten lain,  sehingga diupayakan pada tahun 2015 nanti lapangan terbang ini suda bisa didaerati oleh pesawat berbadan lebar.
Karena Kabupaten Deiyai memiliki dataran yang bagus lalu ketika lapangan terbang jadi  maka pemerintah berencana membangun lennya akan dibangun Deiyai -- Biak, Deiyai -- Kaimana, Ambon, Deiyai -- Timika, Deiyai -- Jayapura, dan Deiyai -- Nabire, ujarnya.

Selain fokus untuk pembangunan lapangan terbang, dirinya mengatakan akan melanjuakan konsentrasi pembangunan Central Terminal Tipe B. Pembangunan ini menurutnya penting karena Deiyai adalah daerah yang strategis karena beberapa Kabupaten akan lewat melintasi Deiyai.
Misalnya dari Kabupaten Timika bisa sampai di Deiyai, dari Intan Jaya Bisa sampai di Deiyai, dari Kabupaten Paniai bisa sampai di Deiyai, dari Dogiyai dan Nabire bisa sampai di Deiyai, ujarnya.

Pemerintah merencanakan pembangunan central terminal tipe B akan dibangun di tempat yang strategis yaitu antara Tigido, Damabagata dan Okomo. Hal itu pemerintah sudah direncanakan dan dan pada tahun 2014 akan dimulai dengan kegiatan. Pembanguan central terminal akan menelan dana yang cukup besar, sehingga ketika ditanya soal dana menurut Kepala BAPPEDA Decky menuturkan 30 % dibiaya oleh pemerintah Daerah sedangkan 70 % dapat dibiayai oleh Pemerintah provinsi Papua.

sumber : http://bintangpapua.com/index.php/lain-lain/papua/kab-supiori/item/4545-pemerintah-pusat-alokasi-rp-40-m-untuk-lapangan-terbang-deiyai

Share post :