Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Peduli Kesehatan, Dinkes Deiyai Bentuk Tim

Sosial dan Kesehatan | | 25 Jun 2014 03:10 | Dilihat: 244 kali

DEIYAI - Keterpurukan kondisi kesehatan di Tanah Papua, menjadi buah bibir. Hal itu sudah menjadi wacana pemerintah dan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Deiyai melalui Dinas Kesehatan telah membentuk tim yang terdiri dari Bidang Pelayanan Kesehatan Masyakarat (Yankes), Bidang Pelayanan Sumber  Daya Kesehatan Masyarakat (P2M, Bidang  Kesehatan Ibu dan anak (Kesga). Tim gabungan ini akan turun mulai Senin (32/7) awal pekan ini.

Ketika dikonfirmasi, ketua tim gabungan Kesehatan Yosina Takimai, A.Md.Keb, SE, kepada wartawan mengatakan, dirinya bersama 12 anggota yang terdiri semua bidang akan dilibatkan. Kegiatan ini, kata Yosina Takimai, akan diawali dengan acara pelepasan oleh wakil bupati di lapangan sepak bola Waghete. Diharapkan agar semua pihak menghadiri acara ini agar mereka mengetahui kegiatan dan bisa datang ketika dalam pertemuaan yang akan dilaksanakan di sejumlah kampung.

Diutarakan Yosiana, terkait dengan program tersebut, masing-masing bidang akan melayani masyarakat secara massal, sesuai tugas dan fungsi bidang di Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai. Bidang Kesehatan ibu dan anak misalnya, akan diberikan penyuluhan dan juga pengobatan sesuai kondisi yang dialaminya.

Selama inikan angka kematian ibu dan anak meningkat, hal itu terjadi karena belum maksimal dalam pelayanan tersebut.  Guna menanggani masalah ini kami langsung turun lapangan ke 32 kampung di wilayah Kabupaten Deiyai, ungkap kepada wartawan, Jumat (21/6).

Dijelaskannya, 32 kampung dalam 5 distrik di wilayah Kabupaten Deiyai, akan diawali di Distrik Tigi Barat dan akan dipusatkan di halaman SMP Negeri Tigi Barat. Selama tiga hari (23,24,25 Juni) Kampung Tenedagi dipusatkan di halaman Puskesmas Tenedagi dan di Kampung Wagomani di halaman balai kampung.

Sedangkan di wilayah Distrik Tigi Timur, akan dimulai tanggal 30 Juni sampai dengan tanggal 2 Juli, meliputi Kampung Damabagata, Kampung Kokobaya, Kampung Edagotadi.  Sementara di Distrik Bouwobado di Kampung Kopai II, Distrik Kapiraya, akan dipusatkan di kampung Komauto. Tak ketinggalan Distrik Tigi, ibukota Kabupaten Deiyai, akan di pusat di Kampung, Okomo, dan Ugiya, Bomou I, Bomou II.

Kepala Bidang Kesga Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai, mengatakan tak ketinggalan para eselon III, IV, di lingkungan kantor akan turun bersama tim. Para kepala bidang dan sekretaris kantor juga akan turun ke lapangan mendampingi para petugas, ungkapanya. Ditambahkan, sasaran pengobatan kepada ibu, anak, dan jompo (lanjut usia).

 

 

sumber : papuaposnabire.com 

Share post :