Berita Seputar Kabupaten Deiyai

Alokasi Dana BOS Untuk Provinsi Papua Rp.700 M

Berita Deiyai | | 19 Feb 2014 05:48 | Dilihat: 125 kali

JAYAPURA,  - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua, Elias Wonda menuturkan, tahun ini Pemerintah Papua mendapat alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp. 700 miliar lebih. Dana tersebut akan dibagikan kepada seluruh sekolah-sekolah yang tersebar di Provinsi Papua.

“ Dana BOS ini untuk SD, SMP. Dananya sudah lama dikirim dari Pusat. Tetapi masih ada administrasi yang harus diselesaikan oleh Gubernur, sebelum di transfer ke Kabupaten/kota,” ujar Wonda, Saat ditemui wartawan diruang kerjanya.

Wonda menjelaskan, sebelumnya sistem penyaluran dana BOS disalurkan langsung melalui Dinas Pendidikan Provinsi Papua, selanjutnya di transfer ke masing-masing Kabupaten/Kota. Namun tahun ini, sistem itu telah dirubah, dimana dana BOS langsung ditransfer ke Bank Papua.

“ Kami tinggal mengurus administrasi saja. Selanjutnya Badan Keuangan akan mentrasfer ke Kabupaten/Kota, setelah ditransfer ke Kas Daerah lalu akan ditransfer ke rekening masing-masing sekolah, kemudian bendahara masing-masing sekolah yang akna mengambilnya.” Papar  Wonda.

Lebih lanjut dikatakan, dari 29 Kabupaten dan Kota, Kota Jayapura mendapat dana BOS terbesar, yakni sebesar Rp.14 miliar untuk semester pertama dari total dana BOS. 

Share post :